Inventory Part – Non Inventory Part – Service

Tipe Inventory di ACCURATE ada 3 jenis, yaitu Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service. Untuk perbedaan dari ketiga tipe inventory tsb adalah sbb :

1. Inventory Part : Barang dengan type ini adalah barang yang bisa dibeli atau diproduksi, distok dan dijual kembali.

Item yang dapat dikategorikan sebagai item dengan tipe Inventory Part adalah item yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Mempunyai informasi stok, yang meliputi : informasi kuantitas, cost/unit dan gudang tempat barang disimpan dapat ditelusuri.
  • Barang tersebut dibeli untuk distok (disimpan) dengan tujuan untuk dijual kembali kepada pelanggan atau sewaktu-waktu bisa dipakai untuk kepentingan lain
  • History atau mutasi dari barang tersebut dapat ditelusuri.
  • Pencatatan barang tersebut mempengaruhi akun dengan tipe persediaan.
  • Jika barang tersebut dijual, maka Harga Pokok Penjualan dari barang tersebut dapat secara otomatis dihitung sesuai dengan metode perhitungan harga pokok yang Anda gunakan apakah metode FIFO atau AVERAGE.

2. Non Inventory Part : Berupa Barang atau Jasa yang bisa dibeli dan tidak diakui sebagai stok, namun diakui sebagai biaya langsung atau Hpp langsung, ataupun diakui sebagai akun perantara

Item yang dapat dikategorikan sebagai item dengan tipe Non Inventory Part adalah Beban Jasa atau item barang yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak mempunyai informasi persediaan atau tidak diakui sebagai stok
  • Barang tersebut dibeli untuk dipakai sendiri (langsung diakui sebagai biaya) dan tidak untuk disimpan (di stock).
  • History dari barang tersebut tidak dapat ditelusuri.
  • Jika barang tersebut dijual, maka Harga Pokok Penjualan dari barang dengan tipe non persediaan tidak dapat dihitung.

Contoh Item dengan Type Non Inventory

Reparasi Kantor

Akun dari Item ini kita bisa set ke akun “Beban Reparasi Kantor” seperti gambar berikut:

sehingga saat kita membeli item jasa ini maka jurnal di ACCURATE adalah:

Beban Reparasi Kantor (debit)

Hutang (kredit)

 

CONTOH LAIN:

Barang Non Inventory Part:

Kertas Printer Ukuran A4

Akun dari Item ini kita bisa set ke akun “Beban Alat Tulis Kantor (ATK)” seperti gambar berikut:

Dengan demikian jika kita membuat pencatatan Pembelian Kertas Printer Ukuran A4 melalui purchase Invoice, Jurnal yang terbentuk di ACCURATE adalah sebagai berikut:

Beban Alat Tulis Kantor (Debit)

Hutang (Kredit)

3. Service : Tipe Item Service khusus digunakan untuk mencatat jenis Jasa yang Anda jual kepada pelanggan Anda. Item dengan Type Service hanya bisa dijual, Tidak bisa dibeli dan tidak bisa diretur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *