Mengembalikan Overpay jika tidak ada Invoice Outstanding

Jika Overpay(kelebihan bayar di Customer Receipt) mau dikembalikan ke Customer berupa Uang, sedang sudah tidak ada invoice yang outstanding lagi, berikut adalah cara yang harus dilakukan :

  1. Buat Item baru Type Non Inventory Part dari List – Items klik New, Dengan Nama “Pengembalian Overpay” misalnya. Set GLAccount Item ini untuk Sales, Sales Disc dan Sales Return ke Account Cash/Bank mana kita keluar Uang.
  2. Buat Sales Invoice baru per tanggal keluarnya Uang, dari Activities – Sales – Sales Invoice. pilih Customer ke Customer kemana kita kembalikan Kelebihan Bayar tersebut, lalu Item pilih item yang kita buat diatas, Qty isi 1, Unit Price isi sebesar Overpay yang akan dikembalikan, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit) .
  3. Buat Customer Receipt, pilih Customer bersangkutan, centang option “Apply From Credit”, centang Invoice yang baru kita buat diatas, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Piutang/AR(Kredit) , jadi habis.

Jadi inti dari jurnal diatas sebenarnya Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit) .

Notes : Jika ada kasus yang sama, tapi kita keluarkan uang bukan dari account Cash/Bank yang sama dengan diatas, baiknya buat satu Item Type Non Inv Part baru lagi, dengan setting GLAccount ke akun Cash/Bank yang dimaksud. Jadi tidak disarankan mengedit setting GLAccount Item yang sebelumnya.

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *